ADISURANTHA.COM
jQuery Slider

10:27 am

FASHION VIDEO DIARY : HIAN TJEN 2015

22/08/2015, Fashion & Beauty

Read More >

5:21 pm

KASTIL PERDANA HIAN TJEN

20/08/2015, Fashion & Beauty

KASTIL PERDANA HIAN TJEN
Suatu siang yang terik, kira-kira lima tahun yang lalu saya berada di studio desainer yang berada di bilangan Jakarta Barat, namanya Hian Tjen. Saya berkenalan dengannya, dan meminjam koleksinya untuk pemotretan majalah, tempat saya berkerja. Saya bisa sampai situ, karena saat itu saya mengenal dia, dan kreasinya‎ di salah satu peragaan kolektif bersama 3 desainer Lainnnya di Jakarta. Saat itu koleksi Hian bernapas konseptual, atasan digital print, permainan volume dan tekuk, material dan jalinan kulit, hingga gaun malam bergaya extraordinary.
 
Berjalannya waktu, dua tahun belakangan Hian dikenal sebagai salah satu desainer muda yang produktif dalam memproduksi gaun malam dan pernikahan. Hian seperti memutar haluan garis desainnya seperti yang saya lihat dan kenal pertama kali di presentasi kolektifnya. Soal bisnis modenya, sempat terdengar di kalangan mode, beberapa klien harus antre untuk memesan gaun pernikahan di studionya. 
 
Pada Agustus, malam kemarin, desainer muda yang baru ditahbiskan sebagai anggota baru pada Ikatan Perancang Mode Indonesia atau IPMI ini mempresentasikan koleksi perdananya di Raffles Hotel Jakarta dengan tajuk Chateau Fleur. Dalam kehidupan ada hitam dan putih, baik dan buruk yang berjalan beriringan, menjadi kata pembuka di undangannya.
 

Saat memasuki tempat peragaan di tengah catwalk tersaji meja perjamuan dengan segala atributnya. Istana atau Kastil tua dengan alunan nada mystical dan setting panggung istana atau kastil membuka peragaan, dan para model lalu-lalang di beranda. Manekin hidup pun keluar dengan sederatan gaun merah berpotongan pendek dan panjang, dari koktil hingga gala, dari melambai hingga menyeret lantai yang maksimalis. Rangkaian lainnya hitam yang ditampilkan antagonis mendominasi, hingga putih dan nuansa pastel yang pretty dengan detail dekoratif. Ragam detail seputar kristal, bulu, ekstra volume, tekuk, layer material pada beberapa bagian, pleats, hadir dengan ragam potongan klasiknya.

 
Berbicara potongan klasik pada busana, hal ini banyak digarap oleh desainer senior kita. Arsip mode era 50an paling gemar jadi inspirasi, mulai dari rumah model Dior dan Balenciaga. Hal ini juga banyak ditemui pada koleksi Hian, potongan klasik seperti cocktail dress, ball gown, gaun mermaid, coat dan cape panjang, rok pensil dengan hiasan dekoratif dan penambahan detail extraordinary pada bagian leher dan punggung. 
 
Semua potongan klasik itu berbungkus drama. Ya, ada banyak cara untuk mempresentasikan mode berpotongan klasik di masa kini, dengan cara dramatis salah satunya..Dramatis ala Hian. Salah satunya melalui pilihan material yang era kini lebih banyak pilihan, teknik penggarapan material itu sendiri dengan cara yang beda, penempatan detail hiasan dan treatment khusus, hingga ragam elemen aksesori pendukung, contohnya rubah dan bulu binatang lainnya. Pengerjaan, hasil akhir Hian yang rapi, dan pilihan material yang mewah pada koleksinya menunjukan lini ini sebagai Haute Couture, seperti yang tertulis pada undangannya.
 
Saat finale, semua rentetan gaun-gaun tersebut lalu-lalang bersama saling bersenggolan di panggung. Melihat visual ini, saya seperti melihat tumpukan uang yang -mungkin- akan ramai berdatangan ke studio Hian, di tempat yang sama saat saya bertemu dengannya pertama kali. Saya yakin Hian memutuskan untuk membuat koleksi Chateau Fleur ini semata untuk kebahagian dirinya -juga tentunya klien yang sudah dikenalnya- ,dan merealisasikan tingkat imajinasinya yang sekarang.

Read More >

4:10 pm

FASHION DIARY: HIAN TJEN CHATEAU FLEUR

19/08/2015, Fashion & Beauty

Read More >

6:04 am

AKSI PROKLAMASI

17/08/2015, Fashion & Beauty

AKSI GAYA PROKLAMASI

Mumpung senin ini adalah hari jadi Indonesia, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa ide rekomendasi gaya berikut yang bisa dijadikan inspirasi gaya dalam sepekan.

Beberapa inspirasi kreasi, tema, material, teknik bernapas Indonesia yang lahir dari label dan desainer muda rekomendasi saya berikut bisa Anda lirik dan jadikan sebagai mainan padu-padan segar minggu ini:

Dari kiri ke kanan bawah:

PURANA

Tie dyed yang hadir dengan warna lembut bisa jadi andalan pakaian siang hari, padankan celana dengan kemeja putih atau sebaliknya. Sematkan aksesori maksimalis kalung atau gelang bernuansa silver untuk aksi modern.

LULU LUTFI LABIBI

Coba luaran lurik ikonis label asal Yogyakarta ini, untuk aksi lebih easy pilih lurik pada atasan dan padankan dengan elemen bergaris tailor yang sharp dalam sapuan hitam atau putih, seperti blazer atau celana pipa untuk tampilan semiformal yang chic.

POPULO BATIK

Pilihan batik gemotrikal dan sapuan pastel koleksinya membuat batik terasa lebih kasual, elemen ini bisa tampil dengan leluasa dalam banyak gaya, bisa dengan chinos cokelat dan straps sandal, atau celana bermuda dan sneakers andalan. 

AUSTERE BY TRI HANDOKO

Tie dyed hitam putih memang mudah untuk dipadankan, tapi coba anda pilih kesan kasual, contohnya atasannya dan padankan dengan denim putih atau hitam, atau juga dengan celana dan sleveeless and tank top putih longgar urban yang laidback.

TOTON

Potongan kebaya, kemeja oversized, vest Toton bisa dengan tampil lebih mudah anda adaptasi dengan ragam elemen bernuansa kasual, seperti celana kulot, rok mini longgar atau celana bermuda.

IVAN GUNAWAN

Kemeja batik dengan warna semarak ini bisa Anda hadrkan dengan gaya semiformal, padankan dengan suit putih linen, blazer biru yang senada pada motif batik, atau juga dengan celana tailor pendek dan jas panjang. Berani?

Menjadi nasionalis di hari kemerdekan tak perlu mengenakan elemen serba merah putih atau elemen tradisional yang sudah dikenal kok. Pilih saja yang beda beberapa elemen dari label lokal, dan dikenakan dengan cara yang segar. Dengan hal itu tentunya anda memajukan dan mempresentasikan cinta Indonesia yang mudah di terima di komunitas Anda sendiri. Happy 70th anniversary Indonesia!

Adi Surantha.

 

 

 

 

Read More >

6:14 am

SIAPA DI SEPTEMBER ISSUE?

16/08/2015, Fashion & Beauty

BRAVO DETAILS MAGAZINE

 

 

Read More >

6:01 am

H&M DAN LONDON COLLEGE OF FASHION

16/08/2015, Fashion & Beauty

 
H & M telah bekerja sama dengan London College of Fashion untuk meluncurkan pekan fashion daur ulang, yang akan berlangsung dari 31 Agustus-6 September. Siswa dari sekolah mode ternama itu akan berktreasi dengan inspirasi kota-kota di Inggris mulai dari dari Leeds ke Edinburgh , untuk membuat jendela instalasi menggunakan pakaian yang disumbangkan melalui H & M untuk mengurangi limbah di industri fashion. Rencannya instalasi tersebut digelar di Covent Garden Piazza . Saya selalu antusias dengan kreativitas generasi muda dan tak sabar dengan kreasi instalasi mereka.
 
Adi Surantha

Read More >
MAY 29, 2015 AT 3:53 AM

SAYS :


19 of 27 | 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12  13  14  15  16  17  18  19  20  21  22  23  24  25  26  27 

"4 DECADES OF FASHION" A FASHION EXHIBITION CURATED & DIRECTED BY ADI SURANTHA FOR STUDIO ONE 40TH ANNIVERSARY


"4 DECADES OF FASHION" A FASHION EXHIBITION CURATED & DIRECTED BY ADI SURANTHA FOR STUDIO ONE 40TH ANNIVERSARY


ADI SURANTHA X TUTY CHOLID. JAKARTA FASHION WEEK 2016


ME WITH LANVIN MEN'S WEAR CREATIVE DIRECTOR, LUCAS OSSENDRIJVER


ME WITH VALENTINO'S CREATIVE DIRECTOR, PIERPAOLO PICCIOLI


ME WITH MIRANDA KERR AT LV


ME WITH GRACE CODDINGTON


ME WITH GLOBAL FASHION DIRECTOR CARINE ROITFELD AT HERMES PFW


ME WITH ANNA DELLO RUSSO AFTER CHANEL PFW


ADI IN H&M WANG


ADI SURANTHA FOR ALKISAH BY RIO MOTRET


ADI SURANTHA WITH BRYAN BOY


EXTRAORDINARY BEAUTY


SEMANIS AURA MANISH ARORA


NYONYA JUNYA


ALL AGES, ALL RACES, ALL SEXES


AS X CLARKS


ADI SURANTHA X TRI HANDOKO AT JAKARTA FASHION WEEK 2015


ADI SURANTHA FOR CLARKS SHOES


TEST KANAN


AMBER TAMBLYN


CHANEL BOY


CHANEL RESORT 2016


BEAUTY DIARY


DIOR RESORT 2016


FAV PIC THIS WEEK


ADI SURANTHA FASHION BLOGGER FOR CLARK SHOES INDONESIA


ADI WITH TORY BURCH


ADI SURANTHA FASHION STYLIST FOR PLAZA INDONESIA 25TH ANNIVERSARY INSTALATIONS


ADI AT NEW YORK FASHION WEEK


TEX SAVERIO BEFORE LADY GAGA


FASHION PORTFOLIO. BAZAAR FASHION CONCERTO 2013 BY ADI SURANTHA


OH YOHJI


AMICA INDONESIA BY ADI SURANTHA


COSMOPOLITAN INDONESIA SEPTEMBER 2013. ART ISSUE. SPECIAL SECTION ART BY ADI SURANTHA


DEWI SANDRA BY ADI SURANTHA


ADI WITH GILES DEACON